KONTRUKSI BAN MOBIL
Bagian ban
1. Tread
Tread
adalah kulit luar dari ban berfungsi melindungi carcas dari keausan dan
kerusakan lainnya. Tread yg berhubungan dengan jalan disebut crown.
Bagian samping ban disebut side wade dan daerah pertemuan dengan tread disebut shoudaer
Permukaan
crown disebut pattern (batik ban) yg bentuknya bermacam-macam alur
disebut grooue atau non skid soulder mempunyai bagian karet yang paling
tebal dan terdapat grooue
2. Breaker
Breaker
ditempatkan diantara tread dan carcass berfungsi meredam goncangan
sebagai tambahan untuk mencegah pemisahan dan mengurangi elasitastal
selembar karet disisipkan antara carcass dan breaker yg berfungsi
sebagai bantalan
3. Bead
Bead
digunakan pada carcas supaya tidak keluar dari ujung card. Karet bead
terbuat dari baja dengan kadar karbon tinggi bagian yg berhubungan
dengan pelek dan lebih dekat dengan pusat ban dinamakan bead toe
Flip
per membungkus bead wire dan di dalam juga terdiri beaf tiler karet
kertas berbentuk segitiga bagian yg berhubungan dengan flange pelek
disebut bead heil
Fungsi ban pada kendaraan bermotor
Fungsi ban/roda pada kendaraan bermotor terdapat fungsi ban sebagai berikut:
· Ban menopang seluruh berat kendaraan
· Ban sebagai media yang kenyal antara jalan dengan kendaraan
· Ban bersentuhan langsung dengan permukaan jalan dan memindahkan gerakan serta daya pengereman ke jalan
· Ban mengadakan kontak ke jalan
· Meredam kejutan yang diterima dari permukaan jalan yg tidak rata
· Menyerap panas akibat gesekan dengan permukaan jalan
Pembagian ban menurut kontruksinya
Ban pada dasarnya struktur/kontruksinya ada 3 macam yaitu:
Ø Struktur bias
Ban
dengan struktur bias paling banyak dipakai. Dibuat dari banyak lembar
card yg digunakan sebagai rangka (trame) ban. Card di cemin dengan card
zig-zag membentuk sudut 40-65 derajad
Ø Struktur radial
Carcas
rod membentuk sudut 90 derajad terhadap keliling ban. Bila dilihat dari
samping kontruksi card adalah dalam arah radial dan arah pusat ban dan
bagian yang berhubungan dengan jalan diperkuat oleh sabuk yang
disebutbreaker atau belted
Ø Struktur belted bias
Seperti
struktur bias tetapi di tambah belt atau sabuk yang dipasang keliling
diluar carcass sehingga menambah kekerasan ban yang berhubungan langsung
dengan jalan
Tread pettern
Tread
pettern disebut juga kembang ban/batik ban penggunaan tread pettern
dimulai pada tahun 1892. Karena pada waktu itu kendaraan berkecepatan
rendah
Sedangkan mobil sekarang bertenaga beasr dan kecepatannya tinggi
Tread pada awalnya ada 4 bagian yaitu:
§ Rib
§ Cug
§ Block
§ Rib lug
Tidak ada komentar:
Posting Komentar